Pemkab. Kuantan Singingi ; Bangun Kebun Entrys Karet 10,5 Ha.

entres1Untuk mendorong sub sektor perkebunan terutama pengembangan komoditi unggulan seperti karet, kelapa sawit, kakao, dan antan (kelapa hybrida, kelapa dalam, pinang, lada, kayu manis, kopi dan aren) Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap perkembangannya, karena sub sektor ini sangat berdampak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini luas areal perkebunan mencapai 278.647 Ha yang terdiri dari karet seluas 152.392 Ha hektar, kelapa sawit seluas 119.808 Ha, kakao 3.208 ha, dan antan seluas 3.240 Ha. Berdasarkan luas areal perkebunan tersebut karet memiliki luas areal terbesar dan sebagian besar dikelola oleh rakyat, hal ini berbeda dengan komuditas kepala sawit, yang sebagian besar dikelola oleh perusahaan besar.

entres2Kondisi perkebunan karet yang luas ini perlu mendapat perhatian serius, karena produktivitas kebun masih dibawah potensi normalnya. Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi telah membangun kebun entres karet seluas 10,5 ha, yang terdiri dari 2,5 ha di Desa Sitorajo Kari, Desa Jake seluas 4 Ha dan di Desa Pasar Baru Pangean seluas 4 Ha. Kebun entres ini akan menghasilkan mata tempel dari klon unggul untuk selanjutnya diokulasikan pada batang bawah menjadi bibit karet unggul untuk ditanam masyarakat. Klon-klon unggulan tersebut antara lain : PB 260, IRR 39, IRR 112, IRR 118 dan RRIC 100.

Dengan terbangunnya kebun entres ini diharapkan petani mudah mendapatkan bibit unggul karet yang jelas asal-usulnya. Kebun entres akan menyediakan bahan okulasi secara berkesinambungan yang pada akhirnya tidak hanya memenuhi kebutuhan petani setempat tetapi dapat pula memenuhi kebutuhan petani karet di daerah sekitarnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply