Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan 2012

051020120121Dalam mengambil kebijakan pembangunan perkebunan tentunya diperlukan dukungan data yang akurat dan tepat waktu, namun disisi lain kita sering dihadapkan berbagai kendala dalam penyediaan data. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi H. Wariman. DW, SP disaat memimpin rapat sinkronisasi data statisitik perkebunan tahun 2012 di ruang rapat Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi, jum’at (05/09) yang diselenggarakan oleh Sub Bagian Program Dinas Perkebunan.

“Oleh karena itu, ketersediaan data dan informasi berkualitas sangat mutlak diperlukan dalam perumusan kebijakan, monitoring dan memberikan bahan evaluasi terhadap kinerja yang telah dicapai secara menyeluruh”.

Sinkronisasi data statistik perkebunan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Perkebunan, Kepala Bidang lingkup perkebunan, Kasubbag Program serta petugas pengolah data kabupaten dan kepala cabang dinas perkebunan kecamatan,

Pada kesempatan itu, Sekretaris Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi Miswadi, SP., M.Si, menekankan tentang pentingnya ketersediaan data dan informasi yang mendukung dalam pengembangan perkebunan daerah dan harus dapat dipertanggung jawabkan karena akan dipergunakan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan. Oleh kerena itu data yang akurat, valid dan cepat harus terus dilakukan.

Sementara itu, Kasubbag Program Dinas Perkebunan Raja Rafli. S menambahkan bahwa pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan koordinasi antara Dinas Perkebunan Kabupaten dengan Kepala Cabang Dinas Perkebunan se-Kabupaten dengan tujuan menghimpun data perkebunan diseluruh Kabupaten Kuantan Singingi yang meliputi 12 kecamatan dan desa; melakukan verifikasi dan validasi data; mendapatkan angka sementara 2012 serta meningkatkan koordinasi antara petugas statistik kabupaten dengan petugas statistik kecamatan.

Diakhir acara, H. Wariman DW, SP menyampaikan bahwa dalam mendukung  target pencapaian program pembangunan perkebunan serta untuk mengetahui perkembangannya maka pengelolaan sistim informasi dan data statistik perkebunan harus dapat disajikan setiap triwulan sekali oleh petugas pengelola data dan informasi kecamatan. Selanjutnya untuk kepentingan penyusunan perencanaan program pembangunan perkebunan, maka data yang sudah diolah oleh kepala cabang dinas disampaikan ke Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi Cq. Sekretaris.

Sumber : Bagian Program

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply