Pemkab Kutai Kartanegara Studi Efektivitas Produk Hukum Ke Kuantan Singingi : Pelajari Perda Nomor 9 Tahun 2009

kukarUntuk mencari bahan dan mempelajari mengenai perda usaha perkebunan daerah, rombongan tim perumus Ranperda tata kelola perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, melakukan studi efektivitas ke Kabupaten Kuantan Singingi. Kedatangan tim perumus Kabupaten Kutai Kartanegara yang berjumlah 16 orang ini diketuai H. Fahrodin, tersebut disambut Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi H. Wariman, DW, SP beberapa waktu yang lalu, Selasa (20/11) di Aula Bappeda Kabupaten Kuantan Singingi.

Pada kesempatan itu turut hadir Kabag Hukum Setda, Kabag Pelayanan Pertanahan Setda, KPPT, BPN, Dinas-dinas terkait serta Sekretaris Disbun, Kabid Pengembangan dan Produksi Perkebunan, Kabid Prasarana dan Sarana Perkebunan, Kabid Pembinaan dan Pengawasan Usaha, Kasi Pengolahan, Pemasaran dan Promosi serta Bagian Program Dinas Perkebunan.

Dalam sambutannya H. Wariman menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang atas kesediaan rombongan tim perumus Pemkab Kutai Kartanegara yang telah memilih Kuantan Singingi sebagai tempat belajar guna membuat regulasi mengenai perkebunan.

“bahwa studi efektivitas ini merupkan salah satu bentuk silaturrahim untuk saling bertukar informasi, sharing dan kemitraan untuk kemajuan kedua daerah,” ungkap H. Wariman.

Selanjutnya dijelaskan pula mengenai Selayang Pandang Kabupaten Kuantan Singingi, visi dan misi serta program dan kegiatan Dinas Perkebunan Kabupaten Kuantan Singingi.

Program-program lain yang dijelaskan H. Wariman antara lain adalah program/kegiatan peremajaan karet rakyat, pengadaan bibit kelapa sawit bersubsidi, pembangunan kebun entrys, pendidikan dan kegiatan lainnya yang semuanya bermuara untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan.

Sementara itu H. Fahrodin dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan Kabupaten Kuantan Singingi. Ia mengungkapkan maksud kedatangan Tim Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kukar tentang Tata Kelola Perkebunan untuk mengetahui dan mempelajari Perda Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 9 tahun 2009 tentang usaha perkebunan.

“saat ini kami sedang menyusun draf ranperda tentang tata kelola perkebunan dan kuansing salah satu daerah yang telah memiliki produk hukum yang mengatur tentang perkebunan. Oleh karenanya kami ingin menimba ilmu di Kabupaten Kuantan Singingi yang telah membuat perda ini sejak tahun 2009 lalu,” ujar H. Fahrodin

Disamping itu, H. Fahrodin juga mengakui, bahwa ia mendapat informasi yang cukup banyak melalui Website Disbun Kuansing terkait Perda Usaha Perkebunan itu. karena itu, pihaknya berkeinginan untuk meminta penjelasan langsung terkait penerapan Perda tersebut.

Pada dasarnya kunjungan ini adalah hendak mengamati lebih dekat dan mempelajari praktek-praktek pengelolaan usaha perkebunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Praktek-praktek pengelolaan usaha perkebunan yang dimaksud dalam hal ini adalah baik secara teknis maupun yuridis (aturan-aturan legal atau instrument hukum yang melandasi usaha perkebunan di Kabupaten Kuantan Singingi), ungkapnya.

Setelah dilakukan ekpose masing-masing kabupaten dan pertukaran cinderamata antar kedua kabupaten. Untuk menggali lebih banyak informasi dan tukar menukar pengalaman, selanjutnya ke esokan harinya dilaksanakan kunjungan lapangan ke salah saru perusahaan perkebunan besar swasta (PT. Surya Agrolika Reksa).

Sumber : Bagian Program

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply