Ganoderma, Penyakit Sawit Utama Indonesia Dan Malaysia

ganoderma_applanatum_4977Penyakit busuk pangkal batang (basal stem rot) atau Ganoderma yang disebabkan jamur Ganoderma spp merupakan penyakit utama penyebab kehilangan hasil kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia. Idris. A.S, peneliti Ganoderma, MPOB menyatakan hal ini.

Malaysia sangat agresif sekali mencari cara mengendalikan penyakit yang sangat merugikan secara ekonomi ini. Serangan Ganoderma bertambah parah pada areal yang sudah terserang kemudian dilakukan peremajaan.

Dalam beberapa tahun terakhir penyakit busuk pangkal batang ini menjadi topik penelitian utama di Indonesia dan Malaysia. MPOB sendiri sudah menciptakan 28 teknologi berkaitan dengan Ganoderma meliputi biologi dan epidemiologi, deteksi dini, pengendalian dan manajemen Ganoderma .

Survei yang dilakukan MPOB terhadap 1.061 perusahaan perkebunan di Malaysia dengan luas 1,594 juta ha menunjukkan 632 perusahaan (59,57%) melaporkan keberadaan penyakit ini dengan luas serangan 59.148 ha atau 3,71% dari total luas lahan yang disurvei. Kerugian mencapai USD569.000.

“Dimasa depan kalau tidak dikendalikan Ganoderma akan menjadi penyebab utama kerusakan kebun kelapa sawit,”katanya.

Sumber : http://www.mediaperkebunan.net

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply