Tim Kemen PAN Awasi Proses Penerimaan CPNS

cpns

Penerimaan CPNS di lingkungan Pemkab Kuansing tahun 2013 ini bakal diawasi oleh komisioner (pengawas) yang ditunjuk oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

“Akan ada nanti komisioner yang ditunjuk MenPAN-RB RI,” ujar Sekda Kuansing, Drs H Muharman MPd.

Menurutnya Sekda, komisioner yang ditunjuk MenPAN tersebut akan bertugas di seluruh provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia yang mendapatkan lowongan untuk penerimaan CPNS tahun 2013 ini.

“Siapa orangnya yang ditunjuk untuk mengawasi di wilayah Kuansing kita belum mengetahui,” kata Sekda.

Tidak hanya itu, pengawas dari komisioner juga akan mengawasi soal-soal ujian bagi calon CPNS, pengawas ini juga berasal dari Kementrian PAN. Lanjut Sekda.

Terkait mekanisme penerimaan CPNS tahun ini sudah ditetapkan bagi seluruh provinsi, kabupatan dan kota yang membuka testing penerimaan CPNS.

Mengenai metode yang bakal diadopsi dalam sistem penerimaan CPNS tahun ini, ujarnya, Pemkab Kuansing menggunakan sistem LJK (lembar jawaban komputer) bukan sistem CAT atau computer asissted test. Pasalnya, Kuansing belum memadai dari segi sarana dan prasarana untuk menerapkan CAT.

Menurutnya lagi, program CAT ini adalah hampir mirip dengan Uji Kompetensi Guru, dimana peserta yang mengikuti test, akan diberikan soal ujian secara online dari sebuah komputer dan jawaban langsung diterima di server pusat.

Sehingga disaat peserta ujian selesai melaksanakan test, mereka akan langsung mengetahui hasil testnya pada saat itu juga. “Karena prasarana belum memadai Kita gunakan sistem LJK,” ujarnya.

Sekda juga menyatakan, jadwal penerimaan CPNS Kuansing belum dapat dipastikan sejauh ini. Pasalnya, dari formasi jurusan yang telah dikirim MenPAN ke Pemkab Kuansing terdapat sejumlah kesalahan penyebutan jurusan.

Sebelum benar-benar diumumkan, kesalahan tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu. “Karena kesalahan dari MenPAN mereka yang akan mengubahnya,” ungkap sekda.

Sumber : http://www.riauterkini.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply